Cara Migrasi Hosting Pada Blog WordPress

Kelasmaster.com – Pada artikel dahulu sudah dijabarkan bagaimana mem-backup file dan database WordPress. Nah kali ini dibahas bagaimana cara migrasi hosting pada blog WordPress yang Anda kelola.

Pindah atau migrasi hosting acap kali dilakukan karena berbagai hal. Misalnya layanan hosting yang katanya murah tapi layanan buruk, bandwith terbatas, disk space pelit, atau malah ditinggal provider alias bangkrut.

Atau bisa jadi Anda ingin upgrade dengan mengubah spesifikasi di tempat lain dengan server stabil. Hal lain misalnya kecepatan loading lambat, masalah down time, kurangnya dukungan support, hingga harga yang tidak sebanding dengan layanan juga menjadi pemicu untuk menggunakan layanan hosting baru.

Pastikan Anda sudah backup file dan database WordPress seperti yang diutarakan pada paragraf utama. Dalam hal ini Anda harus akses Cpanel dari layanan hosting yang baru saja diperoleh.

Cara migrasi blog WordPress ke hosting ini bisa melalui addon domain bila merasa tidak ingin membeli hosting baru, tetapi layanan provider hosting tersebut dapat dipercaya dan pastikan bahwa ada layanan addon domain juga disk space bisa menampung data blog.

Kali ini penulis menggunakan layanan addon domain, bila Anda ingin blog pada layanan utama, langkah pembuatan addon domain ini bisa Anda abaikan saja.

Cara migrasi WordPress ke hosting lain

Carilah folder yang telah buat addon domain tadi, bila Anda tidak membuatnya, silahkan membuka file manager dan unggah (upload) file WordPress dan biasanya di folder public_html atau www. Setelah Anda unggah, silahkan extract file tersebut.

Cara migrasi WordPress ke hosting lain

Ternyata setelah Anda extract dan hasilnya terdapat folder kembali, silahkan pindahkan file tersebut ke folder utama. Untuk langkah ini, penulis harap pembaca sudah mengetahuinya.

Langkah selanjutnya adalah menciptakan database. Untuk lebih mudah buat database yang sama seperti yang lama biar tidak keder. Buka MySQL Databases pada menu Cpanel ya.

Cara migrasi WordPress ke hosting baru

 

Setelah menciptakan database baru, bukalah phpMyAdmin pada Cpanel baru dan klik folder database yang baru Anda ciptakan tadi. Arahkan kursor ke menu import, dan lakukan unggahan dari hasil backup database yang pernah diunduh ke komputer.

Cara migrasi WordPress ke hosting baru

Selamat, Anda sudah mengunggah semua file dan database blog WordPress. Langkah selanjutnya adalah mensinkronisasikan agar koneksi database berjalan sebagaimana mestinya.

Buatlah pengguna baru (new user) pada menu database. Pastikan CPanel Anda dalam bahasa Inggris agar tidak kesulitan mengikuti tutorial ini. Dalam hal ini penulis menggunakan user dan password lama. Anda bisa gunakan password baru dengan cara generate password.

Cara migrasi WordPress ke hosting baru

Masih dalam kolom database, sekarang sinkronisasikan koneksi user ke database. Dalam hal ini nama user dan database adalah serupa.

Cara migrasi WordPress ke hosting baru

Setelah Anda tambahkan maka Anda digiring ke menu berikutnya dan pilih centang semua hak akses lalu simpan.

Cara migrasi WordPress ke hosting baru

Langkah selanjutnya adalah lakukan pengaturan nameserver pada domain. Masuklah pada dashboard penyedia domain yang Anda beli, isi nameserver yang diberikan pihak hosting baru. Biasanya kita menunggu propagasi yang berjalan paling lama 24 jam.

Cara migrasi WordPress ke hosting baru

Faktanya sih dalam hitungan jam, situs WordPress Anda langsung bisa diakses dengan layanan hosting baru. Hal tergantung pada masing-masing layanan hosting yang ditawarkan.