Membuat Website Interaktif Dengan Ajax

Kelasmaster.com – Anda tentu pernah mendaftar dalam sebuah website untuk saat membuat akun email. Setelah selesai mengetikkan username, maka sistem akan langsung memberitahu bahwa username sudah dipergunakan oleh orang lain.

Mengapa bisa seperti itu? Padahal Anda belum mengklik tombol submit untuk memproses data lebih lanjut. Rahasianya terletak pada pemrosesan di belakang layar yang dilakukan oleh Ajax.

Sebelum membahas lebih lanjut, kita kenalan dulu apa yang disebut Ajax itu. Ajax singkatan dari Asynchronous Javascript and XML yang dikembangkan oleh Jesse James Garret, presiden sekaligus pendiri perusahaan Adaptive Path.

Dengan adanya Ajax inilah yang membuat aplikasi website lebih interaktif dan responsif yang penggunaanya semakin populer saja. Inilah yang menandai generasi WEB 2.0 sebuah generasi baru dengan web modern.

Tentu Anda sudah menjajal aplikasi dari Google Maps yang menampilkan peta digital. Provokasi Google yang menggunakan Ajax, mau tak mau diikuti oleh website ternama lain mengikutinya semisal Facebook, Twitter, Filckr, Apple, Yahoo dan lainnya.

Ajax bukanlah bahasa pemrograman baru melainkan gabungan dari teknik yang sebelumnya ada yaitu XHTML, CSS, XML, DOM dan javascript. Dalam prakteknya kita cukup menguasai salah satu objek saja dalam javascript dengan penyederhanaan JQuery.

Berikut ini adalah contoh apakah username kita tersedia atau tidak dengan catatan pada database apakah ada nama kita. Berikut script-nya.

Selanjutnya buat satu script lagi dengan nama proses.php yang yang di dalamnya ada koneksi ke database yang telah kita buat.

Untuk demo silahkan klik di sini. Coba masukkan sebuah username siti atau agus. Apa yang terjadi?