Cara Mengetahui CMS Website Dan Tema WordPress

Cara ketahui tema WordPressKelasmaster.com – Seringkali kita penasaran terhadap sebuah tampilan dari website yang baru saja kita jumpai di internet. Apalagi desainnya ciamik dan enak dipandang mata. Setidaknya pengen mengetahui website tersebut dibangun dengan CMS apa dan apa temanya.

Dewasa ini kebanyakan website dibangun dengan menggunakan CMS (content management system) yang begitu mudah sehingga blogger maupun pelaku bisnis tidak pusing memikirkan coding atau hal teknis lainnya. WordPress dan Blogspot menjadi CMS yang sangat populer selain tentunya juga yang lain tak kalah menarik.

Source Code Viewer

Saat tertarik melihat tampilan dan ingin mengetahui dibangun dengan CMS apa atau pakai tema apa biasanya kita melakukan cara kuno yaitu dengan memakai klik kanan untuk melihat source code.

Sialnya tidak semua website mengijinkan untuk melihat fitur source code karena mungkin dia memakai anti klik kanan. Bisa sih dengan mematikan Javascript di browser yang Anda punya, tapi ini ribet kan? Pakai saja Source Code Viewer kepunyaan dari Blogjak ini.

Dibangun Dengan Builtwith

Baik, mungkin yang sudah master bisa memahami struktur dari setiap CMS website bisa memakai cara source code. Struktur CMS WordPress, blogspot, Joomla dan masih banyak lagi, Anda yakin mengetahuinya?

Cara yang paling simpel adalah dengan mengunjungi situs Builtwith.com dan ini bisa addon di browser Mozilla Firefox sehingga memudahkan untuk menggunakannya.

Cara mengetahui tema WordPress

Cara Mengetahui Tema WordPress

Setelah yakin situs yang dituju menggunakan tema WordPress yakni dengan mengunjungi aplikasi website Builtwith, maka kita perlu adanya aplikasi WordPress Theme Detector. Aplikasi berbentuk website bisa mendeteksi situs target tema WordPress.

Bukan hanya yang gratis, bahkan yang premium akan ditunjukkan disertai penyedia tema tersebut. Jadi kalau ingin beli bisa langsung menghubunginya. Atau yang suka gratisan pun akan ditunjukkan link download.

Cara mengetahui tema WordPress

Di sana juga akan ditunjukkan plugin apa saja yang dipakai, pun apakah berbayar maupun tidak. Popularitas website dengan Alexa Ranking pun akan diketahui, apakah tenar di Indonesia atau tidak.

Hoho.. ternyata mudah ya mengintip tema apa yang digunakan website WordPress pesaing kita. Apakah mau menirunya juga?