123 Langkah Mudah Cara Buat Situs Multisite WordPress

Kelasmaster.com – Membuat multisite berbasis WordPress mempunyai keuntungan sendiri bagi organisasi non-profit. Hal ini pernah diutarakan oleh Bapak Wigid Triyadi pada acara Wordcamp 2017 di Jakarta belum lama ini.

Dalam sesi acara itu penulis tidak memperhatikan apa saja keuntungan dari penggunaan multisite WordPress karena pernah menggunakan fungsi multisite dan oleh pihak hosting ditendang (suspend). Waktu itu penulis menggunakan fasilitas Softaculous Application Installer yang terdapat di CPanel dan membiarkan pengguna lain mendaftar.

Sebetulnya pada saat-saat itu dan seterusnya masih menggunakan multisite yakni multi situs dengan membuat folder atau subdomain secara manual, tetapi menurut Bapak Wigid cara ini tidak layak disebut multisite karena halaman administrator berbeda dan bukan pada jaringan.

Kebutuhan akan multisite bisa monitoring website yang optimal karena masih dalam satu jaringan. Bagus juga untuk solusi pembelian nama domain atau tema premium agar lebih hemat dari sisi pengeluaran. Ide multisite sendiri terwujud bila Anda registrasi domain gratisan dan Anda mendapat hadiah embel-embel nama domain pihak penyelenggara seperti wordpress, blogspot, tumblr, weebly, blogdetik, wagomu dan lainnya.

Yang perlu Anda persiapkan adalah Anda mempunyai hak akses dashboard WordPress maupun CPanel karena kita akan menyetel multisite WordPress ini. Pastikan Anda sudah masuk dan sedikit paham penempatan lokasi file WordPress di CPanel ya. Langsung saja buka file wp-config.php. Ini biasanya berada di folder public_html atau folder lain di mana Anda menginstalnya.

Cari kalimat demikian, Anda bisa menggunakan bantuan papan pintas CTRL+F dan salin tulisan berikut di bawah ini:

/* That’s all, stop editing! Happy blogging. */

Kalimat tersebut di atas bisa Anda ganti atau tambahkan dengan sisipkan kode berikut ini:

Oh ya langkah selanjutnya Anda masuk pada pengaturan jaringan. Dalam dashboard WP bahasa Indonesia, letaknya pada perkakas (tool) lalu pengadaan jaringan (network). Pada saat Anda digiring pada laman tersebut,

Anda akan diberitahu bahwa menciptakan situs jaringan WordPress ini harus mengerti bila situs Anda merupakan situs lama dan sudah mempunyai pengunjung tetap maka Anda disarankan menggunakan subdomain untuk membentuk situs-situs baru nantinya.  Pastikan Anda nonaktifkan semua plugin yang ada.
Cara buat multisite wordpress

Kalau sudah memahami, silahkan klik untuk mengetahui perubahan yang terjadi.

Cara buat multisite wordpress

Silahkan salin kode tersebut pada masing-masing file yakni config.php dan .htaccess (bila file ini tersembunyi, lakukan pengaturan dengan centang Show Hidden Files (dotfiles) pada sisi kanan CPanel). Bila Anda menginkan nantinya multisite WP berada di sub folder bisa saja dengan mengganti menjadi define(‘SUBDOMAIN_INSTALL’, false);

Kalau Anda bertekad ingin menciptakan subdomain, silahkan buat wildcard subdomain dengan membuat tanda asterisk (bintang) dan lalu ciptakan.

Cara buat multisite wordpress

Langkah ini sudah hampir selesai dan selanjutnya Anda disuruh login kembali. Aktifkan plugin yang Anda perlukan dan pasang ulang permalink seperti terdahulu. Sekarang Anda sudah bisa menciptakan multisite WordPress, tapi biasanya tidak serta merta berjalan karena menunggu propagasi akibat pemasangan wildcard yang baru diciptakan. Biasanya sih kurang dari 2×24 jam atau bila masih bermasalah segera saja hubungi pihak hosting di mana Anda sewa.