Lupa Backup File Dan Database WordPress, Blog Hilang!

Kelasmaster.com – Jangan sampai Anda menyesal seperti yang dialami penulis. Karena ketidaktahuan dan kurang peduli terhadap blog yang kita kelola tapi lupa untuk backup file dan database pada situs WordPress.

Jadi begini ceritanya, penulis mendapat penawaran hosting murah dengan kapasitas lumayan besar melalui jejaring sosial Facebook. Dari mencoba dua akun menjadi empat dan memberikan beberapa addon domain pada hosting tersebut. Penulis sih asyik saja menulis blog dan membuat beberapa website toko online. Selang beberapa waktu, akses blog dan website yang berada di hosting tersebut tidak bisa.

Penulis hubungi melalui chat dan pesan singkat tidak ada jawaban yang memuaskan dan sampai benar-benar sesak dada karena lupa untuk backup database dan file yang sebagian dibangun menggunakan platform WordPress tersebut. Oke, saya sebutkan saja nama layanannya agar pembaca waspada dan tidak mengalami kejadian serupa.

Kok malah jadi curhat ya? Haha tidak apa daripada kesal di hati membangun blog dari awal lagi. Bayangkan coba! Nama penipu adalah Aditya Wijo Kongko dengan akun superadit98 (akun serupa dengan twitter maupun instagram) tapi penulis tidak bisa akses lagi karena diblokir.

Nama layanannya adalah hosting Hostsword.com dari Jogjakarta. Situs tersebut malah kini dijual umum dengan harga fantastis yakni 1K dollar Amerika. Di beberapa forum, dia mengubah nama layanannya yakni Remaja Web tetapi masih terdeteksi karena masih menggunakan user hostsword.

Kala itu kejadian sekitar 1,5 tahun yang lalu dengan transfer melalui BRI atas nama Tumini dengan nomor rekening 226301002680501, Dan penulis pesan 3 hosting, dan terakhir transaksi atas nama dia pribadi yakni Aditya Wijo Kongko dengan rekening BCA 2570608200.

Penulis sih tidak mempermasalahkan uang yang telah dikeluarkan tapi tanggung jawab sebagai pengelola hosting untuk para pelanggan yang telah dikecewakan. Belajar dari kesalahan terdahulu, kini saatnya antisipasi dengan melakukan backup secara berkala agar segala sesuatu yang tidak diinginkan menimpa kita.

Cara Backup Database WordPress

Di Cpanel hosting sebenarnya sudah ada menu untuk backup baik keseluruhan maupun sebagian database maupun file yang kita inginkan. Tapi tak ada salahnya belajar backup pada database maupun file secara manual.

Langkah pertama, buka File Manager pada Cpanel yang Anda gunakan dan lihat file wp-config.php yang di sana terlihat nama database WordPress tersebut yang ditandai dengan _wp (nomor).

Cara backup file dan database WordPress

Catat biar tidak keliru, apalagi mungkin Anda banyak addon domain di hosting tersebut.

Cara backup file dan database WordPress

Langkah selanjutnya adalah buka PHPMyAdmin pada menu utama Cpanel Anda dan buka saja database yang sudah dicatat tadi.

Cara backup file dan database WordPress

Kalau sudah terbuka semua klik “export”, mungkin pada setting bahasa Indonesia tertulis “ekspor” atau yang lain. Pastikan gunakan pengaturan bahasa Inggris biar seragam dan tidak terjadi miskomunikasi.

Cara backup file dan database WordPress

Hasil file export tadi berekstensi .sql dan kalau bisa saat menyimpan dinamai kembali (rename) dengan nama domain disertai kata backup biar memudahkan nanti mencarinya karena file tersebut akan disimpan di komputer Anda, sebagai misal backup_dbwp_namadomain atau suka-suka Anda.

Cara Backup File WordPress

Kita sudah melakukan backup database WordPress yakni yang menyimpan post artikel maupun image atau mungkin data lain. Nah, selanjutnya adalah melakukan backup file WordPress yang menyangkut tema, plugin maupun file lain yang ada di blog WordPress.

Dalam hal ini masuk ke File Manager untuk melakukan backup ini. Carilah folder atau file blog WordPress yang akan kita backup. Lokasi tergantung pada tempat, untuk situs utama biasanya folder public_html atau www. Setelah ketemu lakukan seleksi semua dan kompres file tersebut dan simpan dalam format zip.

Cara backup file dan database WordPress

Hasil kompres (compress) file tadi akan menghasilkan file baru dalam format zip tapi penamaan tergantung pada file atau folder yang ada.

Cara backup file dan database WordPress

Lakukan muat ulang (reload) agar hasil kompresan tadi tampil. Alangkah baiknya kita namai file tadi dengan nama yang mudah diingat.

Lakukan muat ulang (reload) agar hasil kompresan tadi tampil. Alangkah baiknya kita namai file tadi dengan nama yang mudah diingat.

Langkah terakhir adalah melakukan unduh (download) file ke komputer yang kita milki.

Nah sekarang Anda sudah bisa melakukan backup file dan database WordPress ke komputer. Lakukan cara ini secara berkala agar terhindar dari sesuatu yang tidak kita inginkan.