Apa Itu Domain, Subdomain, Parked Dan Addon Domain?

Kelasmaster.com – Ternyata masih ada seorang blogger yang belum mengerti apa itu subdomain, parked domain maupun addon domain. Tidak salah sih karena mereka fokus pada pengadaan konten sehingga yang berbau teknis terabaikan dan malah tak ambil pusing.

Tetapi sebagai pengetahuan, Anda perlu mengerti perbedaan istilah penggunaan kata tersebut, apalagi ingin mengembangkan blog atau bisnis yang kita jalani. Pertama Anda harus paham dulu istilah-istilah keren ini.

Apa itu domain?

Pertanyaan bagus! Sebelum melanjutkan kosa kata yang akan kita bahas nantinya perlu mengetahui pengertian tentang domain.

Nama domain disebut juga nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasikan nama dari server komputer misalnya web server atau email server yang berada di jaringan komputer maupun internet.

Nah, nama domain untuk memudahkan pengunjung mengingat ketika mengetik atau menemukan saat akses di internet. Tentunya Anda lebih mudah mengingat nama domain kelasmaster.com daripada deretan angka yang rumit internet protocol (IP), bukan?

Pada perkembangannya, nama domain bukan hanya .com (dotcom) atau net/org tetapi sekarang sudah banyak pilihan yang tentu beragam fungsinya. Top level domains (TLDs) com, net dan merupakan kasta tertinggi dan begitu familiar juga banyak dipakai pengguna internet di dunia. Ekstensi lain adalah nama negara yang terdiri dari dua huruf seperti id untuk wilayah Indonesia.

Bagaimana cara beli nama domain yang kita inginkan agar pembaca atau pelanggan lekas ingat tentang brand yang sedang kita bangun? Caranya cukup mudah kok. Anda hanya siapkan dana melalui nomor rekening, paypal ataupun kartu kredit yang masih berlaku. Biasanya kita mengunggah bukti transfer bila menggunakan nomor rekening. Dokumen lain yang diperlukan misalnya scan KTP atau SIUP/NPWP ataupun akta notaris untuk persyaratan pengajuan domain tertentu.

Setelah pembayaran dilakukan dan persyaratan dipenuhi, domain Anda akan diaktifkan dan bisa dipergunakan. Domain harus Anda perpanjang untuk tahun berikutnya agar aktif, karena di sini kita hanya menyewa saja yang dihitung per tahun. Bila ada dana lebih, Anda bisa perpanjang 5 tahun misalnya agar tidak lupa.

Subdomain Dan Cara Membuatnya

Subdomain atau bisa diistilahkan domain tingkat kedua (second level domain) yang tujuannya membuat situs baru dan berbeda dari situs utama. Umumnya berada di depan situs utama atau boleh di bagian belakang yang ditandai dengan tanda garis miring. Perhatikan contoh di bawah ini.

www.kelasmaster.com
blog.kelasmaster.com
kelasmaster.com/blog

Pada bagian kedua dan ketiga bisa dikatakan subdomain. Untuk bisa membuat subdomain ini, Anda memerlukan layanan hosting.

Penjelasan Addon dan Parked Domain

Bila Anda membeli kembali sebuah domain dan ingin membangun sebuah website, tentu saja diperlukan hosting. Hosting sebagai tempat menyimpan file baik media, teks dan lain sebagainya. Anda bisa menumpang pada hosting yang sudah Anda miliki, tetapi juga Anda harus melihat apakah dalam hosting itu diijinkan karena setiap provider hosting memiliki ketentuan yang berbeda tergantung fitur hosting yang Anda miliki.

Menumpang dalam layanan yang sama dinamakan Add On (addon) domain, yang bermakna “menambahkan”. Seperti dijelaskan di atas, pastikan bahwa pihak hosting membolehkan Anda untuk add on domain. Biasanya sih tergantung pada fitur hosting yang Anda miliki. Pilih paket hosting yang agak lega dan ada fitur add on domain. Banyaknya add on domain pun tergantung isi kocek yang Anda keluarkan.

Kalau tadi bicarakan masalah cara menumpang hosting dengan fitur add on, maka kita beralih bagaimana cara parkir domain (parked domain) di hosting yang kita miliki.

Parked domain berfungsi untuk menempatkan domain yang serupa agar bisa diakses sama seperti domain utama. Misalnya Anda punya domain laundry.biz.id dan selain itu juga punya laundry.my.id. Anda bisa mengalihkan ke domain utama melalui fitur parked domain ini.

Fitur parked domain banyak pula dijumpai oleh pihak ketiga terutama bila Anda mempunyai domain cantik dan bermaksud menjualnya. Dalam hal ini, Anda tak memerlukan web hosting untuk penempatan file walaupun hanya tulisan dijual disertai alamat email atau nomor kontak. Jadi lebih hemat